BREAKING NEWS

Friday 29 September 2017

Tugas Pengantar Bisnis Informatika

Biodata Narasumber

Nama : Aditya Nugroho
Tempat, tanggal lahir : Yogyakarta, 20 Juli  1990
Jumlah saudara : 3 bersaudara
Motto : L'argent est fait pour être gardé pas dépensé
Pendidikan:
SMA 36 RAWAMANGUN 2003-2006
SASTRA PRANCIS | UNIVERSITAS INDONESIA 2006-2011
Riwayat Pekerjaan:
-          Kampus Update
CEO & Founder · 21 Juni 2012 hingga sekarang · Daerah Khusus Ibukota Jakarta
-          PT. DANONE AQUA
1 Oktober 2013 sampai 2 April 2014 · Daerah Khusus Ibukota Jakarta
-          detikcom
Product Management · 1 Mei 2013 sampai 2 September 2013 · Daerah Khusus Ibukota Jakarta
-          DealGoing.com
PR & Social Media Specialist · Februari 2013 sampai April 2013
-          detikcom
Admin · 17 Juli 2012 sampai 2 November 2012 · Daerah Khusus Ibukota Jakarta
-          PT KOALISI TUBINDO
Intern/Admin · 8 Juni 2011 sampai 1 Juni 2012
-          Indonesian Student Job
COO/Co-Founder · Juni 2011 sampai Juli 2012 · Daerah Khusus Ibukota Jakarta
-          Indonesian Future Leaders
Funding Division · Mei 2011 sampai Juli 2012 · Daerah Khusus Ibukota Jakarta
-          CEDS UI
Director of Business Startup · Januari 2007 sampai Februari 2010 · Kota Depok

Dialog Wawancara

Moderator : “Selamat siang ka Aditya Nugroho saya Yoga dari Universitas Gunadarma ingin mewawancarai ka Adit sehubungan dengan tugas Mata kuliah Pengantar Bisnis Informatika..”

Narasumber : “Iya selamat siang juga, silahkan.”

Moderator : “Saya ingin menanyakan tentang Kampus Update yang didirikan oleh ka Adit. Bisa ceritakan sedikit kak tentang Kampus Update?”

Narasumber : “Kampus Update merupakan Startup media platform yang memberikan informasi bermanfaat dan inspirasi bagi anak muda Indonesia bisa berupa info volunteer, magang, tips-tips dan pengalaman inspirasi dalam berbagai kegiatan sehingga followers Kampus Update lebih siap untuk berkompetisi kedepannya.”

Moderator : “Bidang startup ya, wah menarik sekali ya ka sepertinya, kalau boleh tau bisnis startup itu apa ya ka?”

Narasumber :”Jadi startup itu suatu usaha di bidang teknologi seperti contohnya GoJek, contoh seperti itu dinamakan bisnis Startup dan bisnis startup ini sebenarnya membantu menyampaikan  suatu informasi melewati media-media teknologi seperti social media, pembuatan aplikasi, engine-engine aplikasi dan lainnya.”

Moderator :”Jadi bisa dibilang berarti ka Adit ini bekerja sebagai platform media berbasis online ya dengan memanfaatkan teknologi menjadi bisnis?”

Narasumber :”Yap, betul jadi kita di sini memanfaatkan teknologi informatika seperti website, media sosial dan nantinya kita sedang mengembangkan aplikasi berbasis android sebagai platform informasi.”

Moderator :”Passion ka Adit sendiri berhubungan gk ka dengan berdirinya Kampus Update?”

Narasumber :” Saya suka berbagi dengan orang lain. Pengalaman sharing saya yang pertama adalah ketika mendapatkan tugas kuliah untuk mebaca novel bahasa Perancis, kemudian saya berinisiatif membuat akun twitter dengan nama novel tersebut dengan harapan bisa berbagi isi novel ke teman-teman saya yang belum membacanya. Di akhir kuliah, saya punya ide untuk mendirikan Kampus Update,” tambah lulusan Sastra Prancis Universitas Indonesia ini.”

Moderator :”Wih berarti cocok ya sama passionnya ka Adit? Kalau ide awal sampai terbentuknya Kampus Update seperti apa ya kak?”

Narasumber :” Ide pembentukan Kampus Update berawal ketika Adit masih kuliah dan merasa kesulitan mencari media platform untuk mencari informasi magang dan lowongan kerja. “Saya pikir masih banyak mahasiswa merasakan hal sama seperti yang saya rasakan. Kemudian saya punya ide untuk membentuk media platform yang bisa memenuhi kebutuhan seperti apa yang saya rasakan. Awalnya saya belajar dulu mengenai media dari perusahaan tempat saya bekerja kemudian baru mendirikan Kampus Update yang tujuannya untuk menjadi penghubung antara mahasiswa dengan perusahaan dalam penyediaan informasi dan inspirasi”

Moderator : “Apakah ka Adit sudah memiliki kantor untuk mengelola bisnis startup ini?”

Narasumber :”Untuk bisnis ini kami masih homeworking, jika bertatap muka secara virtual itu belum ada tapi kami masih bekerja secara mobile yang berarti bisa mengerjakannya dimanapun. Jadi kita belum memiliki kantor pusat maupun kantor cabang.”

Moderator :”Kampus Update sendiri cakupannya seberapa luas ya ka?”

Narasumber :”Kampus Update secara online cakupannya sejauh ini nasional, tapi untuk kegiatan offline kita fokuskan di kota – kota besar seperti Jakarta, Bandung & Jogjakarta. Kedepannya kita akan luaskan cakupan kita”

Moderator : “Untuk orang yang bekerja di balik Kampus Update sendiri itu berapa orang ya ka?”

Narasumber :”Sekitar 8 orang”

Moderator :”Kalau boleh tau nih kak Adit, omset perbulannya dari Kampus Update ini kira – kira berapa ya ka?”

Narasumber :”Kalau dari omset pendapatan dari startup saya itu dihitung dari per kerja sama dengan suatu event, rata – rata sekitar 10-18 juta perbulan, tergantung dengan banyaknya permintaan untuk kerja sama sebagai media partner.”

Moderator :”Cara ka Adit untuk mengembangkan startup ini seperti apa?”

Narasumber :”Perlunya inovasi baru dengan menambah fitur-fitur baru di bidang dan kegiatan offline, agar followers kita tidak bosan.”

Moderator :”Ngomong – ngomng inovasi fitur dan program apa aja ka yang sudah berjalan sampai saat ini di Kampus Update?”

Narasumber :” Program rutin yang dilaksanakan Kampus Update berbeda dengan konten penyedia informasi lainnya, yaitu adanya program online dan offline, untuk program online ada #Kulive yaitu online seminar dengan kerja sama Cozora webseminar dan Community Ambassador Jakarta Bandung dan Yogja, sedangkan program offline terdiri dari #KUtalk, yaitu kampus update talkshow, #SuperTalk yaitu mentorship program untuk tim internal Kampus Update, #KUclass yaitu mentorship program untuk followers Kampus Update. .”

Moderator :”Harapan ka Adit kedepannya dengan bisnis yang sedang ka Adit jalani ini?”

Narasumber: “Saya berharap kedepannya Kampus Update bisa mengjangkau seluruh Indonesia dalam menyebarkan inspirasi dan informasi. Saat ini ada program Kampus Update Associate Partner yang bertujuan untuk mengenalkan Kampus Update melalui perwakilan ini kepada komunitas di daerah masing-masing.”

Moderator: “Pertanyaan terakhir ya ka, ada gk ka pesan yang ingin di sampaikan untuk kaum muda Indonesia?”

Narasumber :” Sebelum mau berkarya apa, cari tahu dulu passion kamu dan lihat masalah yang ada di sekitarmu. Pastikan karya yang akan kamu buat bisa bermanfaat untuk sekitarmu. Nggak akan ada ruginya apabila karya kita bisa berdampak positif buat orang lain. And the last is take action right now.”

Moderator :”Terima kasih banyak ka Adit atas waktunya sudah berkenan untuk diwawancara dengan kami hari ini. Sukses selalu untuk ka Adit & Kampus Update. Semoga terus melahirkan inovasi-inovasi baru.”

Narasumber :”iya mas sama –sama. Semoga hasil wawancara ini dapat memberikan manfaat.”

Resume

Generasi Z mudah beradaptasi terhadap perubahan teknologi dan mampu mengikuti arah perkembangan teknologi terkini begitu cepat. Mereka juga mampu mengaplikasikan kemudahan tersebut ke arah postif dengan menjadi seorang creator, baik lewat blog,cuitan di Twitter, hingga video di YouTube. 

Aditya Nugroho adalah penggagas Kampus Update yang selalu memberikan informasi seputar magang, volunteer, part time, freelance, beasiswa, kompetisi lowongan pekerjaan dan event pendidikan. Sebagai digital platform, Kampus Update, menurut Aditya, sudah dibentuk sejak 2012 dari Twitter. 

“Awal mula tertarik membuat konten penyedia informasi karena saat itu saya kesulitan mendapat informasi magang dan beasiswa karena saat itu belum ada satu platform anak muda untuk memberikan informasi seputar magang, volunteer, part time, freelance, kompetisi lowongan pekerjaan dan event pendidikan,” tutur Aditya. “Hal ini yang mendorong saya ingin membagikan informasi yang dibutuhkan mahasiswa, hanya dengan mengakses akun media sosial Kampus Update,” tambahnya.

Respons positif yang didapatkannya membuat Adit ingin terus berbagi informasi penting bagi mahasiswa. Hingga saat ini, akun media sosial Kampus Update tekah memiliki banyak Updaters (sapaan untuk pengikutnya) seperti website, Twitter dengan 106.026 pengikut, Instagram 17.400 pengikut, serta Line sebanyak 4.715 pengikut yang ingin mengetahui berbagai informasi event pendidikan dan lain-lainnya. 
Untuk mengembangkan pengalaman diri bagi generasi Z khususnya mahasiswa, Kampus Update memiliki dua program yang dapat diikuti secara gratis dan diharapkan dapat melatih soft skillsberbagai bidang, selalu konsisten mengadakan praktik langsung dan mengundang para praktisi profesional hingga public figureuntuk berbagi informasi di bidangnya kepada mahasiswa.

Program rutin yang dilaksanakan Kampus Update berbeda dengan konten penyedia informasi lainnya, yaitu adanya program online dan offline, untuk program online ada #Kulive yaitu online seminar dengan kerja sama Cozora webseminar dan Community Ambassador Jakarta Bandung dan Yogja, sedangkan program offline terdiri dari #KUtalk, yaitu kampus update talkshow, #SuperTalk yaitu mentorship program untuk tim internal Kampus Update, #KUclass yaitu mentorship program untuk followers Kampus Update. 
Adit menyebut beberapa hal yang dapat dilakukan generasi muda untuk menjadi generasi cerdas di tengah kemudahan teknologi, di antaranya :
*Manfaatkan peluang yang ada di sekitar, hingga peluang itu dapat menciptakan karya yang bermanfaat bagi banyak orang.
*Konsisten menggali potensi dengan melakukan pengembangan diri. n Generasi muda sebaiknya mampu melakukan manajemen informasi.
*Mampu mengelola dan memfilter informasi dengan tepat.
*Jangan hanya menjadi konsumen informasi, juga harus menjadi produsen informasi seperti website dan blog.
Adit berharap kedepannya Kampus Update bisa mengjangkau seluruh Indonesia dalam menyebarkan inspirasi dan informasi. Saat ini ada program Kampus Update Associate Partner yang bertujuan untuk mengenalkan Kampus Update melalui perwakilan ini kepada komunitas di daerah masing-masing.

Pesan Inspirasi Adit untuk Anak Muda Indonesia. Sebelum mau berkarya apa, cari tahu dulu passion kamu dan lihat masalah yang ada di sekitarmu. Pastikan karya yang akan kamu buat bisa bermanfaat untuk sekitarmu. Nggak akan ada ruginya apabila karya kita bisa berdampak positif buat orang lain. And the last is take action right now.

Post a Comment